Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » vga

vga

Bikin Kabel Data Serial/USB Huawei C2801/C2601


Huawei C2601 adalah HP CDMA yang dilepas Esia dengan harga bandrol dibawah 200 ribu rupiah. Tak ayal lagi HP ini laku keras di pasaran hingga menimbulkan antrian pembeli yang sangat panjang di gerai-gerai Esia.
Huawei C2601 berfitur sederhana, nyaris tidak ada fitur-fitur yang memanjakan pengguna untuk melakukan kustomisasi HP-nya termasuk pilihan nada dering yang terbatas. Ternyata dengan sedikit usaha kita  bisa tambahkan nada dering lagu favorit anda dalam format MIDI pada HP CDMA sejuta umat ini.
DSC01675s.JPGDSC01677s.JPG
Yang anda butuhkan adalah kabel data serial untuk tipe HP apa pun asal konektornya mini/micro USB (misalkan HP Nokia 1600,6030 dsb) yang banyak dijual di toko-toko sparepart HP dengan harga sekitar 10-15 ribu rupiah, kabel mini USB, solder dan timah secukupnya.
Potong seperti pada gambar dan sambunglah ujung kedua kabel sesuai tabel berikut:
Serial Mini USB Keterangan
Hijau Hitam GND
Putih Putih Data-
Biru Hijau Data+
Solder serapih mungkin dan selesai sudah. Biar nampak sedikit profesional dan kelihatan susah bikinnya, anda bisa bungkus sambungan kabel tadi dengan box kecil, sip!
DSC01696.JPGDSC01698s.JPGDSC01700s.JPG

Suka yang versi USB? Anda bisa coba gunakan kabel data Nokia CA-45 non ori dan ikuti langkah penyambungan seperti diatas. Berbeda dengan versi serial,untuk versi USB agak sedikit ‘ribet’ karena anda perlu terlebih dahulu menginstall driver kabel data yang ada dalam CD paket penjualannya.
QPST-1.jpgSetelah kabel kita siap, pakailah software QPST dari Qualcomm untuk melakukan testing apakah kabel buatan kita sudah bekerja dengan baik atau belum. Hubungkan kabel pada Huawei C2601/C2801 HP dalam keadaan menyala karena versi kabel data yang kita buat kali ini tidak menyediakan catu daya. Jalankan aplikasi “QPST Configuration”. Apabila QPST berhasil mendeteksi HP seperti gambar dibawah, artinya kabel data buatan kita telah bekerja dengan baik.
Pewarnaan kabel pada kabel data “ori china” kadang-kadang tidak sesuai dengan standar pewarnaan, untuk itu mau tidak mau anda harus coba-coba dulu untuk mendapatkan pin yang sesuai. selamat ngulik!

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 Adnan Travel. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger