Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » ISIS Klaim Sebabkan Kematian Gubernur Aden Karena Bom Mobil

ISIS Klaim Sebabkan Kematian Gubernur Aden Karena Bom Mobil

Ilustrasi/NET
Ilustrasi/NET
Aden – Gubernur Aden tewas dalam serangan bom mobil, yang diakui dilakukan IS di kota pelabuhan Yaman selatan ketika Presiden Abdul Rabbu Mansour Hadi kembali memimpin peperangan melawan pemberontak Houthi, Minggu (6/12).
Pejabat dan masyarakat setempat mengatakan bahwa sedikit-dikitnya enam anggota rombongan Jenderal Jaafar Mohammed Saad juga tewas dalam serangan dengan sasaran gubernur hendak bekerja itu. Sebagian lain terluka.
IS, dalam pernyataan melalui pesan singkat (SMS), menyatakan meledakkan mobil sarat bahan peledak, yang ditujukan kepada iringan Saad di Distrik Tawahi, Aden, dan berjanji meningkatkan gerakan melawan “kepala pemurtadan di Yaman”.
Pejabat dan warga setempat mengatakan pelaku bom bunuh diri itu menabrakkan kendaraannya ke mobil gubernur.
Cabang IS kelompok setempat meningkatkan gerakannya sejak pecah perang saudara di Yaman, muncul sebagai pesaing kuat Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), kelompok keras utama di negara tersebut dalam beberapa tahun belakangan.
Ia meluncurkan serangan spektakuler terhadap basis keamanan dan masjid yang dijalankan oleh pasukan Houthi yang mengendalikan Ibu Kota Yaman di Sanaa. Houthis, yang mengikuti cabang dari Islam Syiah Zaydi, bertempur melawan pasukan koalisi terutama pasukan Teluk Arab, yang memulai serangan udaranya terhadap mereka pada Maret.
Serangan tersebut terjadi sehari setelah penyerang membunuh pejabat senior angkatan darat dan seorang hakim yang memimpin sidang kelompok militan yang diduga meledakkan bom di kapal perang Amerika Serikat, USS Cole, di Aden pada 2000, dalam serangan terpisah di kota.
Pada Oktober, empat pelaku bom bunuh diri meledakkan bom mobil di markas pemerintahan sementara Yaman dan dua pos terdepan koalisi Arab, menewaskan puluhan orang.
“Keterlambatan mewujudkan langlah pengamanan membuka jalan bagi kelompok garis keras melakukan serangan,” kata Ashraf Ali Mahmoud, pegiat setempat.
Nyala api ledakan  pada hari Minggu terdengar hingga sejauh 10 kilometer, kata warga. Foto disiarkan laman berita setempat menunjukkan mobil dilalap api disertai asap yang membubung tinggi.
Sejumlah korban dilarikan ke Rumah Sakit Jumhouriya Hospital, fasilitas medis utama milik negara di Aden yang baru dibuka oleh Saad melalui acara seremonial dua hari sebelumnya.
Konsentrasi utama pihak keamanan tertuju pada Hadi dan sekutu Arabnya sejak dia kembali ke Aden bulan lalu untuk mengawasi serangan yang dilakukan oleh pasukannya dan sekutu Arab mengusir Houthi dari kota strategis Taiz.
Pada Oktober, pemerintahan Perdana Menteri Khaled Bahah dipaksa pindah ke Arab Saudi setelah empat bom bunuh diri yang dilakukan IS telah menewaskan sedikitnya 15 orang, termasuk empat tentara Emirat Arab.
Saad menjadi jenderal angkatan darat di bekas Yaman Selatan sebelum negara Marxis menggabungkan dengan Yaman Utara pada 1990. Almarhum ditunjuk menjadi gubernur pada bulan Oktober.
Pejabat setempat mengatakan bahwa Saad, yang berjuang dalam perang sipil pada 1994 membela Yaman Selatan melawan Yaman Utara, tinggal di pengasingan di Mesir dan Inggris sebelum kembali ke Yaman pada awal tahun ini atas permintaan Presiden Hadi.

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2015 Adnan Travel. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger